Rabu, 20 November 2013

cerpen 2

J  CERPEN


SURAT ke TUJUH BELAS

          Surat kaleng ! lagi-lagi surat kaleng,,ini adalah surat ke 14 yang Yosa temukan di laci mejanya.
Surat ke 14 yag berisi :
            Yosa sayang, kamu tambah cakep ! Temukan gue ! Tebak siapa gue. Andai kamu bener, saya siap jadi yayang loe, Kapan pun elo mau, Suer ! Gue mengagumi lo banget.Surat ini tak akan berhenti sampai hari ulang tahunmu tiba,Tanggal 12 Mei esok. Dan elo akan tau siapa gue.Lo tau, Yos ? Lo cewek tercantik yang pernah  gue kenal,gue temui. Biar agak jutek dan galak, tapi lo beda sama yang lain. Lo nggak Cuma cantik, tapi juga pintar dan baik. Yosa, moga kamu tidak keberatan dengan surat-surat gue ini. Please....
Gue ,,,Someone
Adel : “ Surat kaleng lagi Yosa ??” (tanya Adel sahabat,sekaligus teman sebangku
                Yosa)
Yosa    : (sambil tersenyum) “iya, apa lagi ?? pengecut banget sich pengirim surat
             kaleng ini? Someone, Pede bener  dia. Gue penasaran, se-cute apa sih dia,
              paling  tampangnya pas-pasan aja ! ”
Adel    : ” husshh...!!! jangan nuduh. Siapa tau dia emang cute beneran..”
Yosa    : ”Nggak mungkin.!! Kalau dia cute, untuk apa nggak secara gentle kenalan
               sama gue? Beraninya pake surat kaleng. Basi!! Basii. Hari gini? ” (ucap Yosa
               sambil melipat surat itu)
Andy   : “ Duh, galaknya. Pasti gara-gara surat itu ya? (datang dan bergabung dengan
   Adel dan Yosa)
Yosa    : “ Bener ! Apa sih maksud dia dengan semua ini?? Suka sama gue?  Ngomong
               Dong...An, lo harus bantuin gue nyari tau siapa dia itu !”
Andy   : “ uupps,.tunggu.tunggu..!! bener gue ketua kelas dsini, tapi semua itu kan gak
               Bisa ku handle dong...!! ”
Yosa    : “Tapi kan ini udah mengganggu keamanan! ”
Andy   : “ Hlahh?? Brati elo nganggep gue ini satpam..? ”
Yosa    : “ Kira-kira begitulah...”
Andy   :  “ Sialan looo.! ” ( Andy tersenyum manis)

Cowok berwajah indo itu memang sangat menawan, hampir semua cewe di sekolah Yosa jatuh cinta dan siap jadi kekasih Andy. Bayangin aja, udah cakep,keren,tinggi,jago bsket,dan main drum, anak orang tajir pula.So perfect....,,,

Yosa    :” Gimana nihh? Ada ide buat nangkep si pengirim surat ini  gak?? “
Adel    :” Gimana mau nangkep? Kalau dia nulis suratnya pake komputer,udahh Yosa sayang....syukurin aja   Yos lo masih punya ‘secret admirer’ ?? ”
Andy   :” kita laporin aja ke kantor polisi? ”
Yosa    :”Idiihh gila loe.. bisa diketawain polisi se-indonesia raya gue.! ”
Andy :” Aahiihihixxx”
Yosa    :” Tapi gue yakin dia satu kelas sama kita, soalnya dia bisa tau apa yang gue
             Bawa kesekolah, yang gue lakuin di kelas,, semuanya deh!!”
Andy   :”Namanya juga C.I.N.T.A ” Andy tersenyum menggoda)

Keesokan harinya,, Surat kaleng yang ke 15, yang berisi :
      Cantik, sekarang udah tanggal 10 Mei. Dua hari lagi ulang tahun elo bukan ?? Gue heran, lo nggak bales satupun surat gue. Lo anggep gue ini pengecut ? Bener banget, gue emang gak ada keberanian untuk mengungkapkan persaan gue ke elo. Tapi suatu saat nanti pasti akan gue ungkapin ! Percayalah sam gue ! Gue nggak pernah main-main sama elo ! Sumpah !
 Gue lagi,,,Someone

Yosa    :” Permainan apa sih ini..!”
Adel    :” Sabar...sabar Yosa, ikutin aja Yos, tinggal dua hari lagi kok !”
Yosa    :”iya nihh gue jadi penasaran banget,”
Adel    :” kita tunggu aja surat ke16 dia, besok pagi”
Yosa    :”Oke lah kalau begitu,.”

Surat ke 16 yang berisi :

Dear,,,,Yosa..,
            Besok usia lo genap 17 tahun. Dan besok adalah surat terakhir gue buat elo. Hari ini gue akansampakan sama elo, gue mohon banget besok jam 6 pagi, gue harap elo udah sampe disekolah. Gue ingin nampakin diri gue, jadi orang pertama dintara teman-teman  yang ingin ngucin Happy Birthday buat elo,,,
Would you ??
Maafn gue yang udah mempermainkan elo denga cara seperti ini, gue hanya ingin membuat beda suasana. Sungguh, gue nggak main-main. Gue nggak bermksud jahat kok. Biar aman, besok kita bertemu di pos satpam jam 6 pagi. Kalo lo mau dan pengen tau siapa gue.
 Maafkan gue Yosa,,..gue emang aneh,.!
Someone......  

Yosa    :”Gimana nih del?”
Adel    :” Terserah elo Yos, mungkin dia bener-bene serius sama lo !”
Yosa    :”Ngajak ketemu jam enam pagi? Gilaa apa?”
Adel    :” Alah Yos,yos.. rumah lo kan deket? Ayo lah, temuin dia, katanya penasaran?”
Yosa    :” And so ?”
Adel    :” ya lo datengin baik-baik,, trus gue critain ya?? Lagian dia  ngajak ketemuan
  Dipos satpam kan? jadi gak mungkin macem-macem, lo kenal Pak Mamat
  Sama Pak Edi satpam disekolah kita ?”
Yosa    :” Huuuuu, iya seeh. Del, jujur aja ,, lama-lama gue seneng dan menikmati gaya
            Dia”
Adel    :” Nah loo.. jatuh cinta juga kan akhirnya?”
Yosa    :”Nggak ,, gue Cuma penasaran aja kok...”

Paginya, entah begitu bangun, Yosa ngerasa semangat banget.Hari ini usianya genap 17 tahun!! Habis sholat shubuh, Yosa langsung mandi ,pakai seragam, sarapan. Ucapan selamat ulang tahun,pelukan, dan ciuman berhamburan dari Mama,Papa,Kak Raka,Mbak Rina dan Mbok Sum.

Mama :”Pagi amat ke sekolahnya?”
Yosa    :”Iya,Ma. Jam enam ada janji sama teman...”
Mama :”Ya udah,, ati-ati ya..”

Yosa langsung keluar mecari bajaj yang lewat didepan rumah. Bajaj berhenti tepat di depan gerbang sekolah yang sudah terbuka. Yosa melangkah dengan hati berdebbbaaar. Nekat ia melkukan hal ini. Tapi entah, ada kekuatan yang membuatnya harus datang , memenuhi permainan ini.
Yosa menuju ke pos satpam.Suasana sepi, karna belu ada siswa yang datang kesekolah. Ia melihat seseorang berbaju satpam sedang berdiri di dekat pintu.Bentuknya terasa asing . Pak Mamat dan Pak Edi kan berbadan gemuk, tapi kali ini badanya kurus, tinggi pula.

Yosa    :”Pagi” (sapa Yosa dari belakang.Satpam itu menoleh dan....) “Andy ???” (teriak
               Yosa kaget)
Andy hanya tersenyum manis.Berdiri ia mengambil sesuatu di belakangnya, bunga sekaligus sepucuk surat merah jambu !
Yosa    :” jadi...jadi...” (Yosa kaget bukan kepalang)
Andy   :”Ya... aku lah pengirim surat itu...Happy birrthday Yosa,. Ini surat ke 17 gue,
              Saat lo genap berusia 17 tahun !! baca sekarang ya..” (sambil mengulurkan
              Surat sekaligus bunga anggrek yang tertata indah pada Yosa)
Yosa    : ( dengan gemetar membuka surat itu) “Yosa, gue cinta elo. Gue ingin jadi
              Kekasih elo yang sesungguhnya, maukah lo mengisi hari-hari bersama gue.?
                                                                                                                        Andy,,..”
Andy menatap Yosa bersungguh-sugguh.Yosa tak mampu berkata apa-apa.Matanya nampak mera,ada air bening menetes di pelupuk matanya.gaya Dandy menyatakan cinta sngat lucu dan unik.
Andy   :”Gimana Yos?? Maafkan gue ya, loe mau kan jadi cewe gue?”
Yosa hanya mengangguk.
Andy   :”Thank’z Yos.....Ini benar-benar jadi hari paling mengesankan di hidup gue
               Nahh... sekarang gue mau ganti baju dulu! Ini baju satpam gue minjem, dan
               harus cepet dibalikin, ketauwan pak kepsek, bisa jadi berabe,,, ya kan?
   lo tunggu gue dikelas ya!!”
Andy berlari menuju ke kamar mandi untuk ganti baju.Yosa hanya berdiri terpaku sambil geleng-geleng kepala seorang diri
Yosa    :”Andy,,,,Andy.... ada-ada  aja sihh lo”

THE END...,

KARYA : AZIZAH SALMA ROCHIMA

Dari cerpen dan naskah drama di atas, kita dapat mengambil hikmah dan amanat nya, yaitu antra lain ;
  J kita tidak boleh berburuk sangka terhadap seseorang
  J Tidak menuuduh seseorang tanpa bukti yang jelas
  J Menghargai pendapat dan saran teman
  J Dan tidak boleh menyombongkan diri atas kekebihan yang
          dimiliki





J TERIMAKASIH J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar